DOWNLOAD RPP 1 LEMBAR SMA/MA K13

 Contoh RPP:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                               : SMA/MA
Mata Pelajaran                  : Matematika Wajib
Kelas/Semester                 : X/ Ganjil
Materi Pokok                     : Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak
Alokasi Waktu                   : .... Menit

 

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :

1.       Menghayati dan mengamalkan materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlaksebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.       Menguasai materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlakdengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.       Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlakyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlakyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B Media Pembelajaran&SumberBelajar
Media                  : Laptop, LCD, power point, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet
Sumber Belajar  : BukuPrakarya Kelas VII, Kemendikbud, edisi 2016.


Pendahuluan

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik

sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman pesertadidik dengan

materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajar materi :

Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Inti

Kegiatan

Literasi

Peserta didik diberimotivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya

kembali.diberita yang ada bahan bacaan terkait materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak.

Critical

Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,

dimulai dari pertanyaan factual sampai kepertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak.

Collaboration

Pesertadidik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,

mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak.

 

Communication

Pesertadidik  mempresentasikan  hasil  kerja  kelompok  atau  individu  secara  klasikal,  mengemukakan

pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembal oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

 

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel yang Memuat Nilai Mutlak..Peserta  didik  kemudian  diberi  kesempatan  untuk  menanyakan  kembalihal-hal  yang  belum dipahami

Penutup

Pesertadidik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran

yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang

baru dilakukan.


D.   Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Penilaian Pengetahuan; Teknik penilaian: Tes Uraian
2.    Penilaian Keterampilan; Penilaian Praktek dan Penilaian Produk


Mengetahui                                                                        .............................

Kepala Sekolah                                                                  Guru Matematika

 

 

……………………..                                                          ……………………….

Silahkan buka link di bawah ini:

Link RPP Kelas X SMA/MA

Link RPP Kelas XI SMA/MA

Link RPP Kelas XII SMA/MA

No comments:

Post a Comment