Penilaian mencakup konsep penilaian, penilaian oleh
pendidik, dan penilaian oleh satuan pendidikan. Penilaian oleh pendidik
meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan penilaian
aspek keterampilan.Lingkup penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan
mencakup aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, sedangkan penilaian aspek
sikap dilakukan oleh pendidik dan dilaporkan oleh satuan pendidikan.
Penilaian Harian
(PH) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi hasil belajar peserta
didik yang digunakan untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan
berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi danmemperbaiki proses pembelajaran
(assessment as danfor learning), dan mengetahui tingkat penguasaan kompetensi
serta menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi (assessment of learning).
Penilaian Tengah
Semester (PTS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada minggu ke-8 atau ke-9
dalam satu semester. Adapun materi PTS meliputi semua KD yang sudah dipelajari
sampai dengan minggu ke-7 atau ke-8.
Penilaian Akhir
Semester (PAS) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester gasal
dengan materi semua KD pada semester tersebut.
Penilaian Akhir
Tahun (PAT) adalah penilaian yang dilaksanakan pada akhir semester genap dengan
materi semua KD pada semester genap.
Ujian Sekolah
(US) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik terhadap
Standar Kompetensi Lulusan untuk mata pelajaran yang tidak diujikan dalam USBN
dan dilakukan oleh satuan pendidikan.
Ujian Sekolah
Berstandar Nasional (USBN) adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi
peserta didik yang dilakukan satuan pendidikan untuk mata pelajaran tertentu
dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas
prestasi belajar. Naskah USBN disiapkan oleh pemerintah bersama Musyawarah Guru
Mata Pelajaran (MGMP).
Download di bawah ini:
1. Soal, Kisi-kisi, Kartu Soal, Kunci dan Skor PAT Kelas VIII SMP/MTS
2. Soal, Kisi-kisi, Kartu Soal, Kunci Soal PAT Kelas VII SMP/MTs