MODUL AJAR SMA/MA KURIKULUM MERDEKA

 MODUL AJAR SEJARAH INDONESIA


  1. Informasi Umum


Nama penyusun     : Wahyu Setianingsih, M.Pd

Asal Instansi : SMA Negeri 101 Jakarta 

Tahun Penyusunan : 2021

Jenjang sekolah : SMA

Kelas       : XII (Dua belas)

Alokasi waktu   : 2 JP x 8 pertemuan ( 720 menit)


  1. Tujuan Pembelajaran


Capaian Pembelajaran

Alur Tujuan Pembelajaran


  • Pada Fase F, peserta didik di Kelas XI dan XII mampu mengembangkan konsep-konsep dasar sejarah untuk mengkaji peristiwa sejarah dalam dimensi manusia, ruang, dan waktu. Melalui literasi, diskusi, dan penyelidikan (penelitian) berbasis proyek kolaboratif peserta didik mampu menjelaskan berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia dan dunia meliputi Pemerintahan Orde Baru, Pemerintahan Reformasi, serta Revolusi Besar Dunia, Perang Dunia I dan II, Perang Dingin, dan Peristiwa Kontemporer Dunia sampai abad-21.

  • Peserta didik di Kelas XII mampu menggunakan sumber sekunder dan sumber primer untuk melakukan penelitian sejarah nasional, sejarah dunia, dan/atau sejarah tematis secara sinkronis atau diakronis kemudian mengomunikasikannya dalam bentuk lisan, tulisan, dan/atau media lain. Selain itu mereka juga mampu menggunakan keterampilan sejarah untuk menganalisis peristiwa sejarah dari berbagai perspektif dan mengaktualisasikan minat bakatnya dalam bidang sejarah melalui studi lanjutan atau kegiatan kesejarahan diluar sekolah.


12.1.menjelaskan pemerintahan Orde Baru 






Kata Kunci : Orde Baru 


  1. Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan:


  1. Sarana Prasarana

  1. Internet

  2. komputer/laptop

  3. Perpustakaan

  4. Museum/ Tempat bersejarah yang relevan


  1. Target peserta Didik

Siswa reguler


  1. Jumlah siswa

36 siswa/kelas


  1. Ketersediaan materi:

  1. Materi Pengayaan : untuk siswa berpencapaian tinggi

  2. Materi Remedial  : untuk siswa yang sulit memahami konsep


  1. Model Pembelajaran:

PJJ Daring


  1. Materi ajar, alat dan bahan

  1. Materi

  1. Pemerintahan Orde baru:

  • Pengertian Orde baru

  • Latar Belakang lahirnya Orde Baru

  • Kebijakan-kebijakan masa pemerintahan Orde baru

  • Keberhasilan program-program pemerintahan Orde baru

  • Kemunduran peemrintahan Orde Baru

  • Dampak Orde Baru dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini dan masa yang akan datang


  1. Alat dan bahan

  • komputer/laptop

  • internet

  • Power Point


  1. Kegiatan pembelajaran Utama:


Pengaturan Siswa

Metode

Berkelompok

  • Diskusi

  • Presentasi

  • Project (Penelitian)

  • Ceramah

  • Kunjungan lapangan (Museum)


  1. Asesmen:


Individu

Berkelompok

  • Test tertulis PG 

  • Sikap siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran

  • Presentasi

  • Produk laporan penelitian 

(mengkomunikasikan laporan dalam bentuk tulisan/tulisan/ media lain)


  1. Persiapan Pembelajaran:


No

Langkah Persiapan Pembelajaran

Waktu

1

Membuat maind maping materi

15 menit

2

Mencari informasi materi pemerintah Orde baru dan membuat pemaparan power point

90 menit

3

Membuat tekhnis kegiatan project penelitian siswa

15 menit

4

Membuat assesmen

30 menit


  1. Urutan kegiatan pembelajaran dalam1 sesi pembelajaran(PJJ) :


Pertemuan ke-1

No

Jenis Kegiatan

Kegiatan yang dilakukan

Waktu


Pendahuluan

  • presensi

  • Berdoa

  • kesepakatan aturan dalam kegiatan pembelajaran pada hari ini

  • apersepsi; 

  • guru menanyakan potensi apa saja yang dimiliki bangsa Indonesia

  • guru mengajak peserta didik untuk selalu mensyukuri potensi SDA dan SDM yang dimiliki bangsa Indonesia sebagai modal pembangunan


10 menit


Kegiatan Inti

  • menyajikan informasi awal materi tentang konsep yang dimaksud dengan Orde baru dan bagaimana proses kelahiran Orde baru dengan media Power point

  • guru mengutip pernyataan Ilham Akbar Habibie yang siap untuk mewujudkan impian sang ayah (BJ. Habibie) untuk menyelesaikan produksi pesawat R80. Kemudian mengaitkan dengan keberhasilan masa Orde Baru dalam pembuatan pesawat N250

  • guru memberikan salah satu contoh keberhasilan pemerintah orde Baru dengan media cuplikan film Ainun-Habibie ketika presiden Soeharto meresmikan pesawat N250 di Bandung. (untuk wilayah lain bisa menyesuaikan dengan peninggalan sejarah/fakta sejarah di daerahnya yang relevan)

  • memberikan ruang diskusi kepada para siswa setelah menonton film Ainun-Habibie yang difokuskan kepada keberhasilan pemerintah Orde Baru dalam bidang Teknologi Transportasi dan mengkaitkannya dengan kondisi Transportasi di Kawasan Asia tenggara


70 menit


Penutup

  • penguatan Guru

  • guru mengajak para siswa untuk bangga menjadi bangsa Indonesia dan selalu bersyukur atas segala potensi yang dimiliki untuk mau berperan aktif dengan segala potensi diri untuk membangun bangsa Indonesia agar maju dan bermartabat sejajar dengan bangsa-bangsa maju di dunia. 

  • Kesimpulan

  • evaluasi kegiatan pembelajaran hari ini

  • refleksi

  • siswa diminta untuk menyampaikan apa yang akan dilakukannya sebagai anak bangsa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini sebagai bentuk rasa bersyukurnya memiliki SDA dan SDM sebagai modal pembangunan 


10 menit

Silahkan download Modul Ajar SMA pada link di bawah ini:

Modul Ajar Bahasa Indonesia

Modul Ajar Bahasa Inggris

Modul Ajar Informatika

Modul Ajar Biologi

Modul Ajar Fisika

Modul Ajar Kimia

Modul Ajar Antropologi

Modul Ajar Ekonomi

Modul Ajar Geografi

Modul Ajar Sejarah

Modul Ajar Sosiologi

Modul Ajar Matematika

Modul Ajar PAI

Modul Ajar Budha

Modul Ajar Hindu

Modul Ajar Katolik

Modul Ajar Kristen

Modul Ajar Khonghucu

Modul Ajar Kepercayaan

Modul Ajar PJOK

Modul Ajar Seni Musik

Modul Ajar Seni Rupa

Modul Ajar Seni Tari

Modul Ajar Seni Teater

Modul Ajar PPKN

UNIT INQUIRY

Pendidikan Khusus

Cara Menyusun ATP

Cara Menyusun Modul Ajar

No comments: