Contoh Modul Ajar PAI SMP:
A. Informasi Umum
1. Identitas Sekolah: a. Nama : SMPN ..........
b. Tahun : 2022/2023
c. Kelas : VII (Tujuh))
d. Alokasi waktu : Durasi 2 Pekan/6 Jam Pelajaran/
2 pertemuan (240 menit)
2. Target Peserta didik :
Perangkat ajar ini digunakan untuk siswa regular (28 sd 32 orang). Namun, ada beberapa peserta didik yang belum mengenal pengertian al-Qur’an dan hadis. Penanganan untuk peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, diterapkan teknik bimbingan individu atau menggunakan tutor sebaya untuk membimbing peserta didik sehingga dapat mencapai capaian pembelajaran.
3. Moda Pembelajaran : Pembelajaran tatap muka
B. Komponen Inti
1. Fase Capaian Pembelajaran: D
2. Domain Capaian Pembelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Peserta didik memahami definisi Al-Quran dan hadis Nabi dan posisinya sebagai sumber ajaran agama Islam serta dapat membuat karya berupa peta konsep definisi Hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an sehingga dapat termotivasi untuk mendalami Al-Qur’an dan Hadis.
3. Tujuan Pembelajaran :
a. Melalui pembelajaran penemuan, peserta didik dapat menjelaskan kandungan Q.S an-Nisa>/4:
59 dan Q.S. an-Nah{l/16: 64 tentang kedudukan hadis terhadap Al-Qur’an, sehingga sehingga
dapat menampilkan perilaku semangat dalam mengamalkan Al-Qur’an dan hadis.
b. Melalui pembelajaran berbasis produk, peserta didik membuat karya berupa peta konsep definisi hadis dan fungsinya atas Al-Qur’an dalam Simple Mind Lite
4. Kompetensi Awal :
a. Peserta didik mampu membaca al-Qur’an
b. Peserta didik memahami pengertian al-Qur’an
c. Peserta didik mengetahui istilah hadis
d. Peserta didik mengenal fungsi al-Qur’an dan hadis
5. Profil Pelajar Pancasila : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, dan bernalar Kritis
6. Pemahaman Bermakna:
a. Al-Qur’an dan hadis merupakan pedoman kehidupan
b. Mengamalkan isi al-Qur’an dan hadis menjadi penyelamat dalam kehidupan di dunia dan di akhirat
c. Pengamalan al-Qur’an dan hadis memerlukan pemahaman dan penggalian mendalam terhadap kandungannya
Pertanyaan Pemantik:
a. Apa definisi al-Qur’an?
b. Apa perbedaan antara sunnah, hadis, khabar, dan atsar?
c. Apa fungsi hadis terhadap al-Qur’an?
d. Mengapa hadis penting dipelajari?
e. Bagaimana kandungan Q.S al-Nisa/4: 59 dan Q.S. al-Nahl/16: 64
diterapkan dalam kehidupan?
f. Karakter apa yang harus dimiliki untuk mendalami al-Qur’an dan hadis?
Silahkan download Modul Ajar SMP/MTs di link berikut ini: