Link Download Soal SAS di
bawah sendiri
Asesmen Sumatif
Penilaian atau asesmen sumatif pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan
pembelajarandan/atau CP peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas
dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar
peserta didik dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta
didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP).
Pada pendidikan anak usia dini,
asesmen sumatif digunakan untuk mengetahui capaian perkembangan peserta didik,
bukan sebagai hasil evaluasi untuk penentuan kenaikan kelas atau kelulusan.
Asesmen sumatif berbentuk laporan hasil belajar yang berisikan laporan
pencapaian pembelajaran dan dapat ditambahkan dengan informasi pertumbuhan dan
perkembangan anak.
Asesmen sumatif bagi PDBK digunakan
untuk mengetahui capaian perkembangan peserta didik dan bukan untuk menentukan
kenaikan kelas atau kelulusan. Kenaikan kelas dan kelulusan PDBK mempertimbangkan
usia kronologis. Bentuk laporan hasil belajar berisikan laporan pencapaian
pembelajaran pada umumnya dengan dokumen penyerta yang menggambarkan
karakteristik dan kebutuhan PDBK serta capaian yang telah diperoleh.
Fungsi asesmen sumatif
• alat ukur untuk mengetahui
pencapaian hasilbelajar peserta didik pada satu atau lebih tujuan pembelajaran
di periode tertentu;
• mendapatkan nilai capaian hasil
belajar untuk dibandingkan dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
(KKTP) yang telah ditetapkan; dan
• menentukan kelanjutan proses
belajar peserta didikdi kelas atau pada jenjang berikutnya.
Asesmen sumatif dapat dilakukan
setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat
terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester dan pada
akhir fase. Khusus asesmen pada akhir semester, asesmen
ini bersifat pilihan. Jika pendidik merasa masih memerlukan
konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar
peserta didik, maka dapat melakukan asesmen pada akhir semester.
Sebaliknya, jika pendidik merasa
bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka
tidak perlu melakukan asesmen pada akhir semester. Hal yang perlu ditekankan,
untuk asesmen sumatif, pendidik dapat menggunakan teknik dan instrumen
yangberagam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan observasi dan
performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, dan membuat
portofolio).
Merencanakan Asesmen
Apabila pendidik menggunakan modul
ajar yang disediakan, maka tidak perlu membuat perencanaan asesmen. Namun, bagi
pendidik yang mengembangkan sendiri rencana pelaksanaan pembelajaran dan/atau
modul ajar, perlu merencanakan asesmen formatifyang akan digunakan.
• Rencana asesmen dimulai
dengan perumusan tujuan asesmen. Tujuan ini tentu berkaitan erat dengan tujuan
pembelajaran.
• Setelah tujuan asesmen
dirumuskan, pendidik memilih dan/atau mengembangkan instrumen asesmen sesuai
tujuan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih/mengembangkan
instrumen, antara lain: karakteristik peserta didik, kesesuaian asesmen dengan
rencana/ tujuan pembelajaran dan tujuan asesmen, kemudahan penggunaan instrumen
untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan pendidik
Silahkan download Soal SAS di bawah ini:
No comments:
Post a Comment