MODUL AJAR TP ATP PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN IKM PADA MADRASAH (KEMENAG)

     Kurikulum madrasah mengemban dua amanat besar, yaitu;1) membekali peserta didik kompetensi, sikap dan keterampilan hidup agar bisa menghadapi tantangan di zamannya, dan 2) mewariskan karakter budaya dan nilai-nilai luhur kepada generasi penerus bangsa agar peran generasi kelak tidak terlepas dari akar budaya, nilai agama dan nilai luhur bangsa. Untuk menjalankan dua amanat besar tersebut, maka kurikulum harus selalu dinamis berkembang untuk menjawab tuntutan zaman.
    Perubahan akan terus terjadi. Hal yang abadi di dunia ini adalah perubahan itu sendiri. Perubahan ini setidaknya terjadi pada tuntutan dunia global. Dunia modern dan ekonomi global tidak lagi memberikanpenghargaan besar terhadap seseorang karena apa yang diketahui, karen teknologi telah menyediakan pengetahuan yang dibutuhkan. Namun dunia modern lebih menghargai seseorang karena apa yang bisa dilakukan dengan pengetahuan itu.


      Dengan demikian, kurikulum Madrasah tidak boleh hanyabfokus kepada pengetahuan apa yang harus dikuasai peserta didik, namun lebih penting adalah membekali peserta didik kompetensi, sikap, keterampilan hidup(life skills), dan cara berpikir-bersikap untuk mengantisipasi dan menyikapi situasi yang selalu berubah. Kurikulum merdeka akan memandu memberikan pilihan-pilihan untuk membentuk karakter,vmenumbuhkan keberanian berpikir kritis, kreatif dan inovatif harus terus dikembangkan. Di samping itu, nilai-nilai agama sebagai ruh madrasah mesti ditanamkan secara terintegrasi sejalan dengan implementasi kurikulum itu sendiri. Sehingga nilai religiusitas mewarnai cara berfikir, bersikapan bertindak seluruh warga madrasah dalam menjalankan praksis dan kebijakan pendidikan.
Guru sebagai garda terdepan dalam mengimplementasikan kurikulum tidak boleh terjebak menjadikan peserta didik sebagai penampung ilmu pengetahuan belaka. Guru mesti fokus kepada pembentukan karakter peserta didik, membekali kompetensi abad-21 dan keterampilan hidup dengan cara yang lebih kreatif sesuai kebutuhan peserta didik di eranya.

Silahkan download dengan klik link di bawah ini:

1. Panduan IKM pada Madrasah

2. Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Madrasah / KOSP

3. Panduan Pengembangan P5 dan PPRA

4. Panduan Pembelajaran dan Asesmen

5. Surat Penyampaian Panduan IKM pada Madrasah

6. TP ATP Modul Ajar Akidah Akhlak

7. TP ATP Modul Ajar SKI

8. TP ATP Modul Ajar  Fikih 

9. TP ATP Modul Ajar B.Arab

10TP ATP Modul Ajar Qurdis

11. Cara Menyusun ATP

12. Cara Menyusun Modul Ajar

13. P5PPRA Fase PAUD, Fase A,B,C,D,E,F

Kurikulum Operasional Madrasah (KOM)

1 comment: