CINTA ROBIAH AL-ADAWIYAH

Link Download Perangkat Pembelajaran Guru Kelas ada di bawah sendiri

     Suatu hari Robiah mondar-mandir di kpta Bashra Irak, ia berlari kesana-kemari dengan membawa seember air dan obor yang menyala. Orang-orang yang melihatnya tentu saja keheranan melihat tingkah polah dari Robiah Al Adawiyah. 

     Lalu ada seseorang bertanya kepada Robiah: "Wahai Robiah, mengapa kau membawa seember air dan obor di tanganmu?" Robiah mwnjawab :" Dengan air ini aku akan menyiram api neraka biar padam, dan dengan obor ini aku akan membakar sorga. Sehingga sorga dan neraka akan lenyap. Dengan demikian orang yang menyembah Allah SWT bukan karena takut di bakar di neraka, dan juga bukan karena menginginkan masuk di sorga, tapi menyembah Allah SWT semata-mata karena keindahan-Nya yang Abadi ". Begitulah jawaban Robiah sambil terus berlari dengan membawa ember dan obor.

     Robiah al-Adawiyah adalah seorang sufi wanita yang mashur pada periode Tabiin. Beliu terkenal dengan maqom tawawuf Mahabbah (cinta kasih yang murni kepada Allah SWT). Bahkan dalam sebuat bait syair doanya yang terkenal, beliau mengungkapkan :" Ya Allah, jika aku menyembahmu karena takut neraka, maka bakarlah aku di dalamnya. Dan jika aku beribadah karena menginginkan sorga, maka campakkan aku dari sorga. Tapi jika aku menyembahmu demi Engkau semata, maka janganlah Engkau enggan memperlihatkan keindahan wajah-Mu Yang Maha Abadi padaku."

     Beliau semula adalah seorang budak yang telah dibebaskan, lalu bertobat dan tekun beribadah, serta menjauhi kesenangan dunia. Ia hidup dalam kemiskinan dan sendiri (tidak mau menikah) walaupun ada yang melamarnya. Ia pun menolak segala bentuk bantuan materi yang diberikan kepadanya.

     Wallahu A'lam bishshowab....

(disadur dari buku Jejak-Jejak Para Sufi)

Silahkan klik untuk mendownload Perangkat Guru Kelas SD/MI lengkap di Drive: