BANK SOAL SD/MI

      Penilaian pada kurikulum 2013 mencakup beberapa aspek, yaitu aspek pengetahuan (kognitif), aspek keterampilan (psikomotorik) dan sikap (spiritual dan sosial). Hal ini sebagai mana dalam Permendikbud yaitu pengertian penilaian yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 dan 81 tahun 2013. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut dijelaskan bahwa pengertian penilaian sama dengan pengertian assesmen, sehingga hanya 3 kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk melihat perkembangan peserta didik, yaitu: 1) pengukuran yang diartikan kegiatan membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria atau ukuran. Hasil pengukuran berupa skor; 2) Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi/bukti melalui pengukuran, menafsirkan, mendeskripsikan, dan menginterpretasi bukti-bukti hasil pengukuran. Hasil penilaian ini berupa nilai di rapor; dan 3) Evaluasi adalah proses mengambil keputusan berdasarkan hasil-hasil penilaian. Hasil dari evaluasi ini adalah naik/tidak naik kelas, lulus atau tidak lulus, remedial atau tidak remedial

     Penilaian digunakan untuk mengukur sejauah mana peserta didik mencapai kompetensi setelah dilaksanakan pembelajaran. Penilaian dilakukan ketika proses pembelajaran dan setelah pebelajaran. 

     Prinsip penilaian antara lain:

1. Shahih

2. Obyektif

3. Adil

4. Terpadu

5. Transparan

6. Menyeluruh dan berkesinambungan

7. Akuntabel

8. Edukatif

Download pada link berikut ini:

Soal Kls 1 - 6

Soal SAS IKM kls 4