Pada akreditasi mulai tahun 2020 yang menggunaka Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020, wawancara antara asesor dengan guru merupakan salah satu yang sangat penting, dan menenpati urutan kedua setelah wawancara dengan kepala sekolah/madrasah.
Oleh karena itu, Tim Akreditasi sekolah harus benar-benar mempersiapkan beberapa guru untuk diwawancarai oleh asesor, selain juga harus mempersiapkan dua guru untuk Peer teaching (praktek mengajar).
Berikut pelaksanaan wawancara antara Asesor dengan Guru:
Berikut list wawancaranya:
1. Apakah sikap disiplin siswa sudah membudaya dan mendapat pengakuan masyarakat?
2. Bagaimana prilaku keagamaan siswa dan sikap toleransinya?
3. Bagaimana sikap siswa jika mendapat tugas dari guru?
4. Apa kegiatan sekolah untuk mencegah perundungan?
5. Bagaimana keterampilan berkomunikasi lisan dan tulisan siswa?
6. Bagaiman sekolah mengasah keterampilan berkolaborasi siswa?
7. Apa bentuknya sekolah menggali keterampilan berpikir kritis siswa?
8. Bagaimana sekolah mengasah ketrampilan siswa berinovasi dan berkresi?
9. Apakah Sekolah sudah berpartisipasi pada kegiatan lomba di luar sekolah, dan prestasi apa yang diraih?
10. Apakah nilai Ujian akhir dan Rapor selama 3 tahun ini meningkat?
11. Bagaimana tingkat kepuasan masyarakat terhadap lulusan sekolah ini?
12. Bagaimana bentuk pembelajaran yang aktif dan berrpikir tingkat tinggi, dan pembelajaran yang bermakna?
13. Teknik penilaian apa saja yg digunakan?
14. Apakah melakukan analisis dan Remidi?
15. Apakah membentuk kelompok dalam pembelajaran?
16. Bagaimana menerapkan kegiatan membaca dan menulis dlm pembelajaran?
17. Adajah wadah untuk menfasilitasi karya siswa misalnya puisi dsb?
18. Bagaimana pengelolaan kelas?
19. Bagaimana penerapan skenario dalam RPP?
20. Apakah menggunakan sarana yg ada untuk pembelajaran?Apakah menggunakan TIK dan Lingkungan sekitar untuk media dan sumber belajar?
21. Apakah guru mengikuti PKB?
22. Apakah guru mengembangkan metode, strategi, media pembelajaran yg inovatif dan kreatif?
23. Bagaiman proses pengembangan visi dan misi madrasah/sekolah?
24. Apakah kepala madrasah melaksanakan Supervisi dan tindak lanjutnya?
25. Adakah ide kreatif dan inovatif kepala sekolah/madrasah dalam RKS/M?
26. Bagaimana komunikasi warga sekolah?
27. Apakah suasana lingkungan belajar aman dan nyaman, bagaimana persepsi masyarakat?
28. Apakah madrasah/sekolah melibatkan masyarakat dalam perencnaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah/madrasah?
29. Apakah dalam mengembangkan Kurikulum melibatkan pemangku kepentingan?
30. Bagaimana proses rekruitmen pegawai dan guru di sekolah/madrasah?
31. Bagaimana sekolah mengelolah sarana?
32. Apakah perencanaan dan anggaran pendapatan dan belanja sekolah berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah?
33. Apakah sekolah/madrasah menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler?
34. Apakah ada layanan dan bimbingan Konseling?
35. Apakah ada wadah penjaminan mutu?
No comments:
Post a Comment