Pada pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah yang menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020, orientasi penilaiannya berbasis performance (kinerja) yang berbeda dengan akreditasi sekolah/madrasah sebelumnya yang berbasis complience (pemenuhan administrasi). Sehingga pembagian instrumen akreditasinya pun juga berubah, yang dulu ada 8 komponen, sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), yaitu:
2. Standar Proses
3. Standar Kelulusan
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5. Standar Sarana dan Prasarana
6. Standar Pengelolaan
7. Standar Pembiayaan
8. Standar Penilaian.
Sedangkan sekarang hanya ada 4 komponen, yaitu :
1. Mutu Lulusan2. Proses Pembelajaran
3. Mutu Guru
4. Manajemen Sekolah/Madrasah.
Komponen Mutu Lulusan ini sangat penting dalam penilaian akreditasi, oleh karena itu bobot nilainya paling tinggi, yaitu 35. Karena komponen ini akan menunjukkan dan membuktikan hasil/output dari sekolah/madrasah. Pada komponen ini akan digali mulai dari ketertiban dan kedisiplinan siswa, ketaatan siswa kepada aturan agama dan toleransi beragama, sikap tanggung jawab siswa, masalah perundungan/bully, keterampilan abad-21 siswa, keterampilan berkolaborasi siswa baik dalam KBM, ekstra maupun dengan organisasi diluar sekolah, Sikap dan berfikir kritis, Kreatif dan Inovasi, mampu berekspresi dan berkreasi serta berprestasi, peningkatan prestasi, Kepuasan stakeholder.
Untuk mendownload File Bukti Fisik Akreditasi Komponen Mutu Lulusan dalam bentuk Word silahkan klik link di bawah ini:
KOMPONEN MUTU LULUSAN :
Butir Pertanyaan:
1.1. Menunjukkan Karakter Disiplin
1.2. Kegiatan Pembiasaan Menunjukkan Prilaku Relegius
1.3. Menunjukkan Prilaku Tangguh
1.4. Bebas dari Perundungan/Bullying
1.5. Keterampilan Berkomunikasi
1.6. Keterampilan Berkolaborasi
1.7. Ketrampilan Berpikir Kritis
No comments:
Post a Comment