TIP MENGHADAPI WAWANCARA ASESOR DENGAN KEPALA SEKOLAH/MADRASAH PADA IASP 2020

     Akreditasi sekolah atau madrasah adalah sebuah proses penilaian secara menyeluruh terhadap sekolah/madrasah yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan oleh lembaga yang mandiri profesional yaitu BAN S/M.

     Pada sistem akreditasi tidak semua sekolah/madrasah bisa diakreditasi. Hanya sekolah/madrasah yang memenuhi aspek kecukupan (ICR-IPR dan ICM-IPM) maka baru dilakukan asesmen lapangan (visitasi). Visitasi adalah kegiatan verifikasi, validasi, dan klarifikasi data dan informasi yang telah diisi oleh sekolah/madrasah dalam Sispena melalui: 1. observasi, 2. telaah dokumen ,3. wawancara dan 4. angket terhadap kondisi objektif sekolah/madrasah. Visitasi dapat dilakukan melalui 2 (dua) cara yaitu secara luring atau daring dengan menggunakan perangkat akreditasi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020

    Baik visitasi secara daring/online maupun secara luring dalam pelaksanaan akreditasi, cara penggalian data yang sangat dominan dilakukan oleh asesor adalah dengan cara wawancara, walaupun tentu saja juga asesor melakukan observasi, telaah dokumen, serta angket. Oleh karena itu sekolah/madrasah harus benar-benar mempersiapkan pelaksanaan wawancara, selain juga dokumen dan sarana. 

    Untuk persiapan wawancara, pertama yang benar-benar harus siap adalah :
1. Kepala Sekolah/Madrasah (bisa dibantu Wakil Kepala Sekolah/Madrasah)
2. Guru 
3. Tenaga Kependidikan
4. Siswa
5. Komite, Wali murid, Tokoh masyarakat, Alumni

     Tim Akreditasi Sekolah/Madrasah sebelum pelaksanaan akreditasi harus mempersiapkan 5 unsur diatas, dengan cara misalnya mengumpulkan mereka untuk disetting agar jika ditanya oleh asesor maka jawabannya harus sama atau singkron. Misalnya tentang kedisiplinan siswa masuk sekolah, jika kepala sekolah/madrasah menjawab siswa sudah datang ke sekolah jam 6.00 WIB maka baik guru, tendik, siswa, wali murid harus sama jawabannya. Bisa juga Tim Akreditasi Sekolah/Madrasah memberikan printout list wawancara beserta jawabannya yang sama kepada  5 unsur tersebut.

    Diantara List wawancara Asesor dengan kepala madrasah/sekolah:
1. Sudahkah prilaku disiplin siwa dalam berbagai hal (waktu, berpakaian, kepatuhan tata tertib dll) sudah membudaya dan mendapat pengakuan?
2. Bagaimana Ketaatan beragama siswa dan sikap toleransinya?
3. Bagaimana sikap siswa dalam melaksanakan tugas dari guru?
4. Apa bentuk kegiatan untuk mencegah Perundungan?
5. Bagaimana ketrampilan berkomunikasi siswa?
6. Bagaimana sekolah mengasah ketrampilan siswa dalam berkolaborasi?
8. Bagaimana sekolah mengasah kemampuan kreativitas dan inovasi siswa? 
9. Bagaimana siswa berpartisipasi dalam lomba, baik kurikuler, ekstra kurikuler dsb?
10. Apakah nilai Ujian akhir dan semester selalu meningkat dalam 3 tahun terakhir?
11. Bagaima tingkat kepuasan masyarakat terhadap lulusan sekolah/madrasah?
12. Apa bentuk kegiatan sekolah untuk melibatkan siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi? Apakah melakukan pembelajaran bermakna?
13. Apakah guru melakukan penilaian dengan teknik yang bermacam-macam?
16. Bagaimana pembiasaan membaca dan menulis siswa di kelas dan di luar kelas?
19. Apakah guru menggunakan media TIK?
20. Apakah guru melakukan evaluasi dan refleksi? Apakah didiseminasikan?
21. Apakah guru ikut serta dalam kegiatan PKB?
22. Apakah guru melakukan pengembangan/modivikasi model, metode, teknik, media pembelajaran yang inovatif dan kreatif?
23. Bagaiman proses pengembangan visi dan misi madrasah/sekolah?
24. Apakah kepala madrasah melaksanakan Supervisi dan tindak lanjutnya?
25. Adakah ide kreatif dan inovatif kepala sekolah/madrasah dalam RKS/M?
26. Bagaimana komunikasi warga sekolah?
27. Apakah suasana lingkungan belajar aman dan nyaman, bagaimana persepsi masyarakat?
28. Apakah madrasah/sekolah melibatkan masyarakat dalam perencnaan, pelaksanaan dan evaluasi program sekolah/madrasah?
29. Apakah dalam mengembangkan Kurikulum melibatkan pemangku kepentingan?
30. Bagaimana proses rekruitmen pegawai dan guru di sekolah/madrasah?
31. Bagaimana sekolah mengelolah sarana?
32. Apakah perencanaan dan anggaran pendapatan dan belanja sekolah berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah?
33. Apakah sekolah/madrasah menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler?
34. Apakah ada layanan dan bimbingan Konseling?
35. Apakah ada wadah penjaminan mutu?

Silahkan download di link berikut:

No comments: